Kamis, 30 April 2015

6/7.5 Beberapa Indikator Kesenjangan dan Kemiskinan

Ada sejumlah cara mengukur tingkat kesenjangan dalam distribusi pendapatan yang dapat dibagi kedalam dua kelompok pendekatan, yakni axiomatic dan stochastic dominance. Yang sering digunakan didalam literatur adalah dari kelompok pendekatan pertama dengan tiga alat ukur, yakni the generalized entropy (GE), ukuran Atkinson dan koefisien Gini. Rumus dari GE dapat diuraikan sebagai berikut :
        n
GE (α) = (1 / ( α2 – α  |  (1 / n)  ∑  (yi  /  Y^)α  – 1 |
                                                i=1
dimana  n adalah jumlah individu (orang) didalam sampel, yi adalah pendapatan dari individu (i=1,2…..n), dan Y^ = (1/n) ∑yi  adalah ukuran rata-rata pendapatan nilai GE terletak antara 0 sampai OO. Nilai GE nol berarti distribusi pendaptan merata (pendapatan dari semua individu didalam sample data), dan 4 berarti kesenjangan yang sangat besar. Parameter a mengukur besarnya perbedaan-perbedaan antara pendapatan-pendapatan dari kelompok-kelompok yang berbeda didalam distribusi tersebut, dan mempunyai nilai riil.
                        n
A = 1 - | (1/ n) ∑ (yi / Y^) 1-€ |  1/(1-€)
                      i = 1
dimana € adalah parameter ketimpangan , 0<€<1 : semakin tinggi nilai €, semakin tidak seimbang pembagian pendapatan. Nilai A mencakup dari 0 sampai 1, dengan 1, dengan 0 berarti tidak ada kepincangan dalam distribusi pendapatan.
Alat ukur ketiga dari pendekatan aksioma ini yang selalu digunakan dalam setiap studi-studi empiris mengenai kesenjangan dalam pembagian pendapatan adalah koefisien atau rasio Gini, yang formulanya sebagai berikut :
                                n   n
Gini = (1 /2n2- Y^)  ∑   ∑ | yi – yi |
                             i=1  j=1



Referensi : http://abstraksiekonomi.blogspot.com/2013/12/kemiskinan-lengkap-devinisi-pola-jenis.html, http://id.wikipedia.org/wiki/Garis_kemiskinan, http://ayouk91.blogspot.com/2011/06/kemiskinan.html, http://neriusvalentine.blogspot.com/2013/04/pertumbuhan-ekonomikesenjangandan.html, http://citrariski.blogspot.com/2011/02/beberapa-indikator-kesenjangan-dan.html, http://bkmgabus.blogspot.com/2012/02/tentang-kebijakan-anti-kemiskinan.html, https://sarulmardianto.wordpress.com/kemiskinan-di-indonesia/, http://imanarsyad.blogspot.com/2012/03/pengertian-kemiskian-dampak-akibat-dan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Glory-glory !!! Template by Ipietoon Cute Blog Design